WELCOME TO LuKiViKy`s WoRLd !!!!!!!

Mencoba Untuk Menulis,,Mengungkapkan Isi Hati n Pikiran,,, so,, Have Fun With This By Reading,,Sharing,,n Giving Advices or Comments.. DANKE...THANK YOU!!!

Rabu, 24 Februari 2010

MANAJEMEN - KEPEMIMPINAN BAB III

BAB III – PEMIMPIN dan KECAKAPANNYA

Seorang pemimpin harus melengkapi diri dengan beberapa kecakapan yang mendukung seluruh usahanya. Beberapa kecakapan yang mendukung karir dan usahanya antara lain :

  1. 1. Kemampuan mempengaruhi

Tujuan membutuhkan pemimpin yang mampu mengajak, mengumpulkan dan menggerakkan orang-orang untuk membentuk kesatuan kerja sehingga dapat mencapai dan mewujudkan tujuan awal.

Mempengaruhi orang untuk bergerak mengejar tujuan tidaklah mudah. Karena setiap orang memiliki latar belakang dan pemikiran yang berbeda. Meskipun demikian, tetap saja setiap orang dapat dipengaruhi, misalnya dengan cara berikut :

Permintaan yang disertai ancaman

Pemimpin dapat menggunakan cara ini untuk orang yang dipimpinnya. Pemimpin mengajukan saran dan usul yang dirasa baik untuk membawa mereka pada tujuan bersama yang dimaksudkan untuk menyadarkan mereka akan kebaikan saran dan mendorong mereka agar mau menerimanya.

Contoh : pemimpin berkata : kalau anda tidak bersedia menerima saran saya, lebih baik anda mengangkat pemimpin lain.

Masalah yang muncul dari cara ini adalah bagaimana memulihkan kembali rasa aman dengan menghilangkan anacaman itu.

Identifikasi

Seseorang dapat dipengaruhi orang lain, karena dia dibujuk untuk mengidentifikasikan diri dengan orang lain. Pemimpin dapat mengajukan permintaan yang disertai bujukan agar mereka yang dipimpin menjadi sejalan dengannya.

Keyakinan

Orang dapat tergerak untuk melakukannya sesuatu karena berhasil diyakinkan oleh orang lain akan pentingnya perkara yang akan dilakukan.

Cara ini memberi kemungkinan kepada semua orang yang terlibat dalam usaha bersama untuk menimbang baik buruknya hal yang diajukan. Orang yang dipimpin diberi kesempatan untuk mengajukan saran perubahan atau penyempurnaan. Oleh karena itu terciptalah hubungan timbul balik antara pemimpin dan yang dipimpin.

  1. 2. Berpidato

Pembicaraan merupakan cara yang paling cepat dan paling mudah untuk menyatakan maksud, gagasan, dan pemikiran yang terismpan dalam hati. Orang yang mendengarkan semua itu akan tergerak untuk mewujudkannya.

Pidato instruktif : Melalui pidato, pemimpin dapat menyatakan, menerangkan, dan menjelaskan apa yang mau dicapai bersama dan bagaimana cara mencapainya.

Pidato persuasif : melalui pidato pemimpin dapat memberi ilham, keyakinan, dan semangat kepda yang dipimpin.

Pidato rekreatif : pemimpin dapat mengungkapkan pidato sekedar untuk menghilangkan ketegangan dan menciptakan suasana santai agar yang dipimpin merasa sedikit rileks.

  1. 3. Menyelenggarakan rapat

Untuk menyusun rencana kerja, rapat kerja mutlak diperlukan. Rapat yang dapat menghasilkan keputusan yang baik tidak terjadi begitu saja, tapi harus dipersiapkan dengan baik.

Mempersiapkan rapat

Ada 2 hal pokok yaitu masalah fisik dan acara. Persiapan fisik antara lain : kapan rapat diadakan, dimana akan diselenggarakan, bagaimana bentuk penyusunan tempat duduk. Pemimpin tidak boleh mengabaikan persiapan fisik dari rapat yang akan diadakan.

Persiapan acara rapat menyangkut hal yang akan dibicarakan pada rapat tersebut. Persiapan fisik dan acara yang baik menjadi landasan yang kokoh untuk terselenggaranya rapat yang baik.

Memimpin rapat kerja

Rapat kerja umumnya digunakan untuk mendapatkan mufakat pendapat dan kata sepakat untuk melaksanakan usaha bersama. Pada gaya otokratis, pemimpin hanya sekedar menyampaikan dan mengumumkan perintah. Pada gaya liberal, pemimpin harus sabar mendengarkan para anggota saling berdiskusi dan membahas segala permasalahan sampai tercapai kata sepakat. Pada gaya demokratis, pemimpin benar-benar mengarahkan pembicaraan tanpa mengesampingkan peranan mereka yang dipimpinnnya.

  1. 4. Merumuskan masalah

Membedah masalah

Kemungkinan pemecahan

  1. 5. Mengambil keputusan

Melaksanakan keputusan

Memeriksa hasil keputusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar